RSS

Manfaat Dokumentasi

10 Feb

Pentingnya dokumentasi

• Ditinjau dari aspek administrasi, dokumentasi bermanfaat sebagai sebuah catatan, karena berkas tersebut mengandung nilai identitas, tanggal masuk dan keluar serta data akses.
• Ditinjau dari aspek hukum, dokumentasi bermanfaat sebagai alat bukti yang sah, isi sebuah berkas menyangkut adanya jaminan kepastian hokum atas dasar keadilan brlangsung
• Ditinjau dari aspek pendidikan, suatu berkas catatan bermanfaat untuk mendukung kegiatan pembelajaran, isi dari berkas dokumentasi menyangkut data atau informasi tentang kronologis perkembangan pelayanan kebidanan yang telah di berikan kepada pasien.
• Ditinjau dari aspek penelitian, dokumentasi bermanfaat sebagai penyedia data untuk keperluan penelitian. Data atau informasi yang tercantum dalam sebuah berkas dapat di pergunakan untuk keperluan penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan.
• Di tinjau dari aspek ekonomi, suatu berkas bermanfaat untuk mendokumentasikan besarnya dana yang harus di keluarkan, sehingga mengurangi terjadinya pemborosan, isi dari sebuah berkas dapat di jadikan bahan untuk menetapkan pembayaran pelayanan di sebuah institusi pelayanan kesehatan. Tanpa adanya bukti pencatatan sebuah tindakan, maka pembayaran atas tindakan tersebut tidak dapat di pertanggung jawabkan.
• Di tinjau dari aspek managemen catatan yang lengkap dan di simpan dengan baik menunjukkan adanya managemen yang baik pula. Suatu berkas pencatatan merupakan keseluruhan arus data dan informasi dalam system informasi kesehatan. Berkas ini digunakan dalam pelaporan dan penyusunan program sebagai pelaksanaan keputusan pimpinan.

Tapi kalo bagi saia…pentingnya dokumentasi..bisa melalui voto, video, tulisan, dsb. Saat ini, buku diary uda g zaman..smua berbondong2 bikin blog pribadi sbg ganti diary. yeah…mengikuti perkembangan zaman lah..aq dedikasikan blog ne bwt mahesa..anakQ tersayang..Makanya kadang aq ngrasa eman kalo g sempet corat – coret di blogQ ini. sbagian besar blog ne memang sengaja lebih banyak membahas tentang hidupnya. Berhubung dia masih kecil, jadi dia belum bisa untuk menyimpan memory tiap pengalaman penting dalam hidupnya. Setidaknya dia punya blog ne yang akan mengingatkannya pada tiap memory itu. Kelak…dia akan tahu gimana siiii jalan hidupnya mulai dari dalam perut smp segede ini. yaaa…smoga dia tahu kalo ayah bundanya sangat begitu memujanya.

 
 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,297 other followers

%d bloggers like this: