RSS

Upacara Tedak Siti Mahesa

21 Feb

Assalaam,
waktu itu mahesa masi berusia 6 bulan..lagi jalan mw 7 bulan, Mang uda rencana c…mw slametan turun tanah dirumah mertua. jadilah dipilih hari Senin 23 januari 2012, cz hari itu bertepatan dengan hari libur nasional, jadi suami libur, hehehe…sayang jg kl smp ayah mahesa g ikutan momen penting dalam hidup mahesa. tul g?

Sebenernya c…acara ne g murni upacara adat, lebih ke pengajian az c..cm diselipin adat jawa dikit gtu…dulu sebelum mahesa menginjak usia 7 bulan banyak yg wanti2 bnr2 g boleh nginjek tanah, tw knp???karena blm slametan turun tanah, pamali katanya. alamakkkkk…

upacara tedak siti itu sendiri memberi arti bahwa agar kelak mahesa setelah dewasa nanti kuat dan mampu berdiri sendiri dalam menempuh kehidupan yang penuh tantangan untuk menggapai cita – citanya.

Rangkaian acaranya dimulai dari pengajian dilanjutkan solawat-an, trus…mahesa yg sudah didandanin ala cowo korea halah…masuk untuk dituntun meniti tangga yang terbuat dari tebu ireng yang sudah dibungkus kertas..seperti ini :

konon katanya orang2 jadul ne melambangkan mangalahkan nafsu duniawi sehingga mencapai puncak kehidupan yang didasari Anteping Kelabu – hati yang mantap.cieeeee….

Slanjutnya Mahesa dituntun untuk memilih benda yang ada di nampan yang telah diisi dengan 7 benda seperti cermin, AlQuran, Tasbih, Kopiah, Sisir, Spidol dan Termometer . katanya siiiiii….Benda-benda tersebut memberikan simbol profesi atau mata pencaharian sang bayi kelak bila telah dewasa, hal ini dapat ditentukan setelah sang bayi telah mengambil benda yang dipilihnya.

waktu itu awalnya mahesa pilih AlQuran..alhamdulillah calon ustad,,amiennnn aminnn ya ALLAH..

Tapi pas pilihan kedua lha kok dy malah angkat nampan, pilih smuanya x y? hahaha bagoes….anak pinter….

abiz gitu Mahesa dituntun ayahnya nginjek tanah, berhubung malem ntu ujan deres, alhasil Mahesa nginjek bebatuan depan rumah az..hehehe

setelah itu masuk sesi pemotretan…hahaha

kalo urusan menu masakan kaya tumpengan, jenang grendul or apapun itu, smua aq serahkan ke mertua, cz beliau yg lebi paham, hehehe

sekian dulu deh, smoga bermanfaat yaaaaa

About these ads
 
1 Comment

Posted by on February 21, 2012 in documents of my life :), knowledge

 

Tags: , , ,

One response to “Upacara Tedak Siti Mahesa

  1. Indahnya Berbagi Ilmu

    September 7, 2012 at 10:10 am

    wew…., keren bu dan detail banget.. :D

    http://ngawion-line.blogspot.com/2012/09/lentho.html

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,297 other followers

%d bloggers like this: