RSS

Smart shopping for shopaholic

03 Mar

 

 

 

 

 

 

 

Belanja, biasanya diidentikkan dengan cewe. Memang, sebagian besar pengunjung yang datang ke mall-mall atau pusat-pusat perbelanjaan adalah cewe. Cowo biasanya hanya menjadi pengiring atau penggembira saja. Walaupun, tidak menutup kemungkinan cowo juga ada yang senang berbelanja.

Nah, “efek” yang biasanya muncul akibat berbelanja adalah uang menjadi berkurang. Sering kali terhambur begitu banyak, karena kita gag bisa mengerem keinginan untuk berbelanja. Bagaimana caranya agar belanja tetap terkontrol?

Beli apa yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan. Sering kali kita membeli barang-barang yang sebenarnya belum atau bahkan tidak kita butuhkan. Ada keinginan-keinginan yang harus kita tahan, selama itu belum kita butuhkan.

Buatlah catatan belanja. Dengan membuat catatan belanja, Anda menjadi lebih terarah dan tidak asal ambil. Sering kali jika kita tidak membuat daftar belanja, kita melihat “barang bagus” dan langsung memasukkannya dalam keranjang belanja. Kebiasaan inilah yang kerap kali membuat dompet menjadi “bolong”.

Hindari kartu kredit dan debit. Lebih baik Anda membawa uang cash. Karena dengan adanya kartu kredit, Anda tidak akan bisa mengerem belanja Anda karena merasa uang selalu ada. Padahal aslinya anda sama saja menambah hutang. Jika Anda hanya membawa uang cash, tentunya Anda akan berpikir beberapa kali untuk membeli barang-barang ekstra.

Pintar-pintarlah menawar. Ne mesti banyak belajar dari ibu2 lain yg pintar  soal tawar-menawar barang saat belanja. Dan tentunya kudu dilatih..dan harus g punya malu..haha. Jika kita bisa menawar dan mendapatkan barang dengan harga miring, kenapa tidak?

Jangan belanja mendadak kecuali jika benar-benar terpaksa. Dulu, saya sering sekali belanja mendadak, hanya karena malas cepat-cepat pulang dan ingin mengulur waktu. Akibatnya, pengeluaran menjadi banyak sekali. Kecuali Anda memang butuh untuk belanja mendadak (misal: ada tamu datang), hindarilah kebiasaan seperti ini.

Segera pulang jika Anda selesai berbelanja. Hindari kebiasaan mampir-mampir ke tempat lain, karena itu bisa saja membuat Anda harus mengeluarkan uang yang tidak perlu.

 
Leave a comment

Posted by on March 3, 2011 in tips

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: