RSS

Perkembangan janin selama dalam kandungan

23 Mar

Dalam proses kehamilan, perkembangan janin dalam kandungan menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan karena hamper semua yang dilakukan ibu ternyata berdampak pada janin. Berikut ini merupakan perkembangan dan perubahan janin pada periode awal kehidupannya (trisemester pertama).

Minggu ke-1 :
Pada minggu ini, ibu akan mengalami menstruasi terakhir sebelum kehamilan. Hormon2 di tubuh mempersiapkan sel telur untuk dilepaskan.

Minggu ke-2 :
Uterus (dinding rahim) menebal dan mempersiapkan tahap ovulasi.

Minggu ke-3 :
Minggu ini merupakan masa ovulasi (pelepasan telur). Kehamilan terjadi pada saat ini. Pembuahan terjadi pada saat sperma bertemu dengan sel telur di tuba falopi. Pembuahan memerlukan waktu 4 hari. Setelah telur dibuahi maka dinamakan “zigot”.

Minggu ke-4 :
Minggu ini merupakan saat bagi zigot kecil untuk menemukan tempat di dalam rahim. Dengan berakhirnya minggu ini, ibu tidak mendapat menstruasi dan menjadi tanda pertama terjadinya kehamilan.

Minggu ke-5 :
Ukuran janin sekarang sekitar sebuah biji apel dan pada minggu ini disebut sebagai “embrio”. Janin sudah memiliki detak jantung sendiri, plasenta dan tali pusat sudah bekerja sepenuhnya pada minggu ini. Selain itu vesikel2 otak primer mulai terbentuk dan system saraf pun berkembang.

Minggu ke-6 :
Embrio tampak seperti berudu. Pada minggu ini, kepala, ekor, tangan dan kakitampak masih seperti tunas. Pada minggu ini, pembentukan awal dari hati, pancreas, paru2, kelenjar tiroid dan jantung.

Minggu ke-7 :
Jantung sudah terbentuk lengkap, saraf dan otot bekerja bersamaan untuk pertama kalinya, serta janin mempunyai reflek dan bergerak spontan (ibu blm dapat merasakannya). Pada akhir minggu ini, otak akan terbentuk lengkap.

Minggu ke-8 :
Panjang embrio sekarang sekitar 25-30 mm. lengan dan kaki sudah terbagi menjadi komponen : paha. Kaki, tangan, lengan dan bahu. Organ reproduksinya mulai terbentuk, demikian pula dengan kartilago dan tulang. Telinga luar sudah terbentuk sempurna dan mata membentuk pigmen. Di dalam otak, jaringan saraf berhubungan dengan lobi penciuman di otak. Jantung sudah memompa dengan kuat dan irama teratur.

Minggu ke-9 :
Pergerakan pertama fetus dapat dideteksi dengan USG. Pada minggu ini, perut dan rongga dada sudah terpisah, serta otot mata dan bibir atas mulai terbentuk.

Minggu ke-10 :
Tulang sudah menggantikan kartilago, difragma memisahakan jantung dan paru2 dari perut, otot leher terbentuk, serta otak berkembang cepat dalam bulan terakhir ini sehingga proporsi kepala lebih besar daripada tubuh.

Minggu ke-11 :
Organ seks luar suda terbentuk, termasuk folikel2 rambut dan gigi. Janin sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkan kembali (kencing).

Minggu ke-12 :
Ukuran fetus sekarang sekitar 8 cm. semua organ vital janin sudah terbentuk. Dengan sinyal dari otak, otot akan merespon dan janin sudah dapat menendang. Akhir semester pertama, organ2 tubuh janin sudah terbentuk.

 
Leave a comment

Posted by on March 23, 2011 in knowledge

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: