RSS

Perkembangan janin trisemester kedua

28 Mar

Janin akan terus mengalami perkembangan yang menakjubkan. Berikut adalah perkembangan janin pada trisemester kedua :

Minggu ke-13 :
Bentuk janin telah sempurna. Panjang janin (dari puncak kepala sampai sacrum/bokong) ditaksir sekitar 65-78 mm dengan berat kira2 20 gram. Rahim dapat teraba kira2 10 cm dibawah pusar.

Minggu ke-14 :
Panjangnya mencapai kisaran 80 mm atau 8 cm dengan berat sekitar 25 gram. Telinga janin menempati posisi normal di sisi kiri dan kanan kepala. Alat kelamin bagian luar juga berkembang lebih nyata hingga lebih mudah membedakan jenis kelaminnya. Janin tersenut telah mampu mengepalkan jari2 tangan. Alat ultrasound telah mendeteksi detak jantung.

Minggu ke-15 :
Panjang janin sekitar 10-11 cm dengan berat kira2 80 gram.

Minggu ke-16 :
Kini panjangnya mencapai taksiran 12 cm dengan berat kira2 100 gram. Reflek gerak dapat dirasakan ibu. Biasanya terasa seperti kedutan. Rambut halus diatas bibir atas dan alis mata juga tampak melengkapi lanugo yang memenuhi seluruh tubuhnya bahkan jemari kaki dan tangannya dilengkapi dengan sebentuk kuku. Gerakan janin semakin keras dan otot2nya smakin kuat. Bulu2 halus/lanugo yang menutupi seluruh tubuh dan alis mata mulai terlihat. Di usia ini, janin juga mulai mengenali dan mendengar suara2 dari luar kantong ketuban, termasuk detak jantung ibunya dan suara2 diluar diri si ibu (misalnya suara gaduh atau sapaan lembut).

Minggu ke-17 :
Panjang tubuh janin meningkat lebih pesat ketimbang lebarnya, menjadi 13 cm dengan berat sekitar 120 gram hingga bentuk rahim terlihat oval (bukan membulat). Akibatnya rahim terdorong dari rongga panggul mengarah ke rongga perut. Otomatis usus ibu terdorong nyaris mencapai daerah hati hingga kerap terasa menusuk ulu hati. Lemak yang disebut “jaringan adipose” juga mulai terbentuk di bawah kulit bayi yang semula sedemikian tipis pada minggu ini dan minggu2 berikutnya.

Minggu ke-18 :
Taksiran panjang janin sekitar 14 cm dengan berat sekitar 150 gram. Rahim dapat diraba tepat dibawah pusar ukurannya kira2 sebesar buah semangka. Mulai usia ini, hubungan interaktif antara ibu dengan janinnya kian terjalin erat. Tak mengherankan bila setiap kali si ibu merasa gembira, sedih, lapar atau merasakan hal lain, janin pun merasakan hal yang sama.

Minggu ke-19 :
Panjang janin diperkirakan 15 cm dengan taksiran berat 200 gram. System saraf janin yang terbentuk di minggu ini semakin sempurna perkembangannya. Yakni dengan diproduksinya cairan serebrospinalis yang bersirkulasi di otak dan saraf tulang belakang tanpa hambatan.

Minggu ke-20 :
Panjang janin kisaran 16 cm dengan berat sekitar 260 gram. Kulit yang menutupi tubuh janin mulai dapat dibedakan menjadi 2 lapisan. Yakni lapisan epidermis yang terletak di permukaan dan lapisan dermis yang merupakan lapisan dalam. Epidermis selanjutnya akan membentuk pola2 tertentu pada jari2 tangan dan kaki sedangkan lapisan dermis mengandung pembuluh2 darah kecil saraf dan sejumlah besar lemak. Gigi dalam rahang mulai terbentuk. Gerakan janin semakin kuat karena otot2nya yang semakin menguat. Gerakan2 tersebut dapat berupa sundulan2 lemah pada perut ibu.

Minggu ke-21 :
Beratnya sekitar 350 gram dengan panjang 18 cm. pada minggu ini, berbagai system organ tubuh mengalami pematangan fungsi dan perkembangan.

Minggu ke-22 :
Berat janin mencapai taksiran 400 gram dengan panjang sekitar 19 cm. kekhawatiran bakal terjadi keguguran juga sudah pupus. Ciri khas usia kehamilan ini adalah munculnya cairan putih mirip pasta penutup kulit tubuh janin yang disebut vernix caseosa. Fungsinya melindungi kulit janin terhadap cairan ketuban dan kelak saat berada di jalan lahir. Di usia ini pula, kelopak mata mulai menjalankan fungsinya untuk melindungi mata dengan gerakan menutup dan membuka.

Minggu ke-23 :
Tubuh janin tidak lagi tampak ringkih karena bertambah montok, dengan berat hampir mencapai 550 gram dan panjang sekitar 20 cm. kendati demikian, kulitnya masih tampak keriput karena kandungan lemak dibawah kulitnya tak sebanyak saat dia dilahirkan kelak. Wajah dan tubuhnya secara keseluruhan amat mirip dengan penampilannya sewaktu dilahirkan nanti. Hanya saja rambut lanugo yang menutupi sekujur tubuhnya kadang berwarna lebih gelap di usia kehamilan ini.

Minggu ke-24 :
Janin makin tampak berisi dengan berat yang diperkirakan mencapai 600 gram dan panjang sekitar 21 cm. kelopak matanya kian sempurna dilengkapi dengan bulu mata. Pendengarannya berfungsi penuh. Terbukti janin mulai bereaksi dengan menggerakkan tubuhnya secara lambut jika mendengar irama music yang disukainya. Begitu juga ia akan menunjukkan respon khas saat mendengar suara2 bising atau teriakan yang tak disukainya.

 
Leave a comment

Posted by on March 28, 2011 in knowledge

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: