RSS

Tips Belanja Online

05 May

Nah ne dia salah satu hobyq..belanja online. Hal ini aq lakukan karena aq ud g tinggal dikota besar lagi yg notabene fasilitas mall nya dimana2.hehehe..abizny sring dikotaq barang2nya g bisa bikin aq ngiler. Mungkin karena aq uda sring blanja d mall X y. makanya liat barang2 dsni g ad yg sip blas!

Yuk qt mulai kenalan dengan belanja online dulu..sebenarnya apa c definisi dr belanja online itu sendiri? Yup..belanja online adalah untuk membeli suatu produk cukup surfing di internet cari web yang dituju, pilih-pilih barang, transfer uangnya tinggal tunggu deh barangnya datang.

Beberapa orang melakukannya Karena malas berdesak-desakan di mall. Beberapa orang melakukannya untuk ngirit bbm. Beberapa orang melakukannya karena sibuk. Beberapa orang melakukannya karena tinggal didaerah terpencil. Namun walaupun ada beberapa kemudahan, kewaspadaan diperlukan mengingat kita tidak bertatap langsung dengan si penjual, berikut beberapa tips agar kita tidak tertipu waktu berbelanja online :

1. Waspadai toko online hosting atau nama domain yang gratisan. Walaupun tidak semua hosting yang gratisan melakukan penipuan tapi dari beberapa kasus bahwa setelah beberapa costumer mentransfer sejumlah uang toko online tersebut langsung tidak aktif atau berganti nama domain.

2. Pastikan toko online tersebut mempunyai nomor telepon yang valid, lebih bagus jika mempunyai nomor lebih dari 1 (satu).

3. Toko online yang qualified biasanya ada fasilitas chatting (yahoo messenger,MSN dll), lihat seberapa sering toko online tersebut online, jika sering online itu pertanda bahwa kita bisa menghubungi setiap saat.

4. Apakah pengelola itu tahu persis mengenai produk yang dijualnya termasuk ketersediaan produk tersebut.

5. Pastikan toko online tersebut mempunyai alamat yang lengkap.

6. Cermatlah dalam memilih suatu produk, perhatikan spesifikasinya apakah cocok dengan keperluan kita kalau itu fashion apakah cocok dengan tubuh kita.

7. Catat kode produk yang anda pesan, karena biasa pengelola toko online akan mengkonfirmasi pesanan anda.

8. Jangan tergiur dengan harga murah atau potongan harga yang sangat besar, bandingkan barang yang sama dengan toko online yang lain.

9. Harga reseller akan lebih murah dari pada harga biasa. Namun biasanya anda diharuskan untuk membeli dalam jumlah banyak. (anda bisa gunakan kesempatan ini dengan mengajak teman anda untuk membeli barang yang anda beli juga atau jika anda berjiwa bisnis dan modal cukup anda bisa membeli banyak untuk dijual dengan harga biasa.

10. Cek testimonial dari para pembeli apakah testinya bagus apa jelek. Lebih baik lagi penjual tersebut memberikan bukti bahwa apa yang dia jual itu tidak nipu.

11. Karena sekarang sudah banyak ATM bersama, transfer antar bank bukan menjadi masalah, transfer-lah dengan angka unik agar cepat dikenali oleh pengelola toko online, misalnya nilai transfer Rp 300.000,- maka transfer-lah dengan angka ganjil misalnya Rp 300.075, jika sudah ditranfers segera konfirmasi via sms ke pengelola toko online agar pesanan anda segera diproses. Simpanlah struk transfer.

12. Mintalah no resi pengiriman, ini berguna apabila barang tidak kunjung datang kita bisa mengecek ke jasa ekspedisinnya (PT Pos,Tiki,atau JNE, dll).

13.Simpan bukti transaksi – termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, salinan e-mail antara anda dengan penjual.

14. Matikan PC anda kalau setelah transaksi, PC hendak ditinggalkan. Kalau PC dinyalakan terus, bisa saja sudah ada garong, yang sudah menanamkan malware, mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi.

15. Jika barangnya sudah diterima cek apakah barang tersebut dalam kondisi baik dan sesuai dengan pesanan kita.Kerusakan barang dapat diakibatkan 2(dua) macam yaitu :

– Kerusakan memang barang tersebut sudah cacat. Jika hal ini terjadi segeralakukan complain ke pengelola toko online, toko online yang baik akan segera mengganti barang tersebut dengan yang baru atau mengembalikan uang anda.
– Kerusakan akibat pengangkutan Segera komplain ke penyedia jasa pengiriman dan informasikan juga ke pengelola toko online untuk melakukan komplain dimana barang tersebut dikirim.

So jgn takut untuk belanja online y…happy shopping online…^.^

 
Leave a comment

Posted by on May 5, 2011 in tips

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: