RSS

Perkembangan janin trisemester ketiga

06 May

Pada trisemester ketiga ini, janin makin berkembang pesat baik dari berat badan, panjang tubuh dan kemampuan organ2 tubuh beroperasi. Berikut perkembangan bayi pada bulan2 terakhir usia kehamilan :

• Minggu ke-25 :
Tulang semakin mengeras dan menjadi semakin kuat. Saluran darah di paru – paru sudah semakin berkembang. Garis di sekitar mulut sudah mulai membentuk dan fungsi menelan sudah semakin membaik. Indra penciuman sudah semakin membaik karena di minggu ini bagian hidung sudah mulai berfungsi. Berat janin sudah mencapai 650-670 gram dengan tinggi badan 33-36 cm.

• Minggu ke-26 :
Janin sudah dapat mengedipkan matanya. Selain itu, retina matanya telah mulai terbentuk. Aktivitas otak yang berkaitan dengan pendengaran dan penglihatannya sudah berfungsi. Sang ibu dapat mulai dapat memperdengarkan lagu yang ringan dan mencoba untuk memberi cahaya lebih di sekitar perut. Mungkin ibu akan merasakan anggukan kepala si kecil. Berat badan janin sudah mencapai 750-780 gram dan tingginya 35-38 cm.

• Minggu ke-27 :
Indra perasa mulai terbentuk. Janin juga sudah pandai mengisap ibu jari dan menelan air ketuban yang mengelilinginya. Berat umum janin sekitar 870-890 gram dengan tinggi badan 36-38 cm.

• Minggu ke-28 :
Lemak dalam badan mulai bertambah. Walaupun gerakan janin sudah mulai terbatas karena beratnya yang semakin bertambah, namun matanya sudah dapat berkedip bila melihat cahaya melalui dinding perut ibunya. Kepalanya juga sudah mengarah ke bawah. Paru-parunya belum sempurna, namun jika saat ini ia terlahir di dunia, si kecil kemungkinan besar telah dapat bertahan hidup.

• Minggu ke-29 :
Sensitivitas dari janin semakin jelas. Janin sudah dapat mengidentifikasi perubahan suara, cahaya, rasa dan bau. Selain itu, otaknya juga sudah dapat mengendalikan nafas dan mengatur suhu badan. Posturnya sudah semakin sempurna sebagai seorang manusia, berat badannya 1.100-1.200 gram dengan tinggi badannya 37-39 cm.

• Minggu ke-30 :
Mata indahnya sudah mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dan ia sudah mulai belajar untuk membuka dan menutup matanya. Saat ini waktu yang terbaik bagi ibu untuk menyenteri perut dan menggerak-gerakkan senter tersebut sehingga mata janin dapat mengikuti kearah mana senter tersebut bersinar. Cairan ketuban di rahim ibu juga semakin berkurang. Kini, si kecil pun sudah mulai memproduksi air mata. Berat badan bayi sekitar 1.510-1.550 gram dengan tinggi 39-40 cm.

• Minggu ke-31 :
Perkembangan fisiknya sudah mulai melambat pada fase ini, hanya berat badannya yang akan bertambah. Selain itu lapisan lemak akan semakin bertambah dibawah jaringan kulitnya. Tulang pada tubuh sudah mulai mengeras, berkembang dan mulai memadat dengan zat-zat penting seperti kalsium, zat besi dan fosfor. Berkebalikan dengan perkembangan fisiknya, pada fase ini perkembangan otaknya berkembang dengan sangat pesat dan menghasilkan bermiliar sel. Apabila diperdengarkan musik, ia akan bergerak. Berat badannya berkisar 1.550-1.560 gram dengan tinggi 41-43 cm.

• Minggu ke-32 :
Kulit janin semakin merah, kelopak matanya juga telah terbuka, dan sistem pendengaran telah terbentuk dengan sempurna. Kuku jari tangan dan kaki si kecil sudah lengkap dan sempurna. Rambutnya pun semakin banyak dan semakin panjang. Ia sudah mulai dapat bermimpi. Berat badannya sudah mencapai 1.700-1.750 gram dengan tinggi badan 40-42 cm.

• Minggu ke-33 :
Janin telah memiliki bentuk wajah yang menyerupai ayah dan ibunya. Otaknya semakin pesat berkembang. Pada saat ini, otaknya juga sudah dapat berkoordinasi. Walaupun tulang-tulangnya sudah semakin mengeras, tetapi otot-ototnya belum benar2 bersatu. Ia sudah dapat mengambil napas dalam-dalam, walaupun napasnya masih didalam air. Jika janinnya laki-laki maka testisnya sudah mulai turun dari perut menuju skrotum. Berat badannya berkisar 1.800-1.900 gram dengan tinggi badan sekitar 43-45 cm.

• Minggu ke-34 :
Kedudukan janin berada di pintu rahim. Ia sudah dapat membuka dan menutup mata apabila mengantuk dan tidur. Tubuh ibu sedang mengirimkan antibodi melalui darah ibu kedalam darah janin, yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh dan proses ini akan tetap terus berlangsung, bahkan lebih rinci pada saat ibu sudah menyusui. Berat badannya sekitar 2.000-2.010 gram dengan tinggi badan mencapai 45-46 cm.

• Minggu ke-35 :
Pendengarannya sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dalam tubuhnya sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya. Lapisan lemak tersebut berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Ia semakin besar dan sudah mulai memenuhi rahim ibu. Apabila janinnya laki-laki maka dibulan ini, testisnya telah sempurna. Berat badannya 2.300-2.350 gram dengan tinggi badan 45-47 cm.

• Minggu ke-36 :
Kulitnya semakin halus dan sudah menjadi kulit bayi. Lapisan lemak sudah mulai mengisi bagian lengan dan betis. Ginjal sudah bekerja dengan baik dan livernya pun telah memproduksi kotoran. Saat ini, paru-parunya sudah bekerja dengan baik bahkan sudah siap bertemu dengan orang tuanya. Berat badannya 2.400-2.450 gram dengan tinggi badan mencapai 47-48 cm.

• Minggu ke-37 :
Kepala bayi turun ke ruang pelvic. Bentuk bayi semakin membulat dan kulitnya menjadi merah jambu. Rambutnya tumbuh dengan lebat dan bertambah 5 cm. Kuku terbentuk dengan sempurna. Bayi sudah dapat melihat adanya cahaya dari luar rahim. Pada saat ini bayi sedang belajar untuk mengenal aktivitas harian. Selain itu, bayi juga sedang belajar untuk melakukan pernapasan, walaupun pernapasannya masih dilakukan di dalam air. Berat badan bayi minggu ini adalah 2.700-2.800 gram dengan tinggi badan 48-49 cm.

• Minggu ke-38 hingga 40 :
Proses pembentukan telah berakhir dan bayi siap dilahirkan.

 
Leave a comment

Posted by on May 6, 2011 in knowledge

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: