RSS

Kondisi umum si ibu saat kehamilan

07 May

Pada bulan – bulan pertama kehamilan anda, mungkin tidak banyak orang yang tahu bila anda sedang hamil karena belum tampak perubahan yang nyata pada tubuh anda. Kenyataannya, tubuh anda aktiv bekerja secara fisik dan emosional untuk meneyesuaikan proses kehamilan ini.

Trisemester pertama adalah awal kehamilan terdiri dari minggu pertama sampai 11 minggu 6 hari. Pada saat ini, tubuh ibu mulai merasakan perubahan yang cukup drastic seperti mual atau morning sickness, pusing, cepat lelah, rasa sakit pada payudara dan lebih emosional. Gejala – gejala tersebut adalah gejala yang umum terjadi pada trisemester pertama kehamilan yang disebabkan oleh perubahan hormone pada tubuh ibu hamil. Kadang kala ada ibu yang tidak mengalami semua atau sebagian gejala tersebut. Bahkan pada beberapa kasus, ibu – ibu yang bekerja tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil. Biasanya bentuk tubuh ibu hamil belum berubah karena janin masih berukuran terlalu kecil dan ia belum memenuhi kantung rahim sehingga kantung rahim belum membesar.

Pada trisemester kedua yakni pada minggu ke-12 hingga 27 minggu 6 hari gejala umum trisemester pertama yang membuat ibu tidak nyaman berangsur menghilang. Walaupun berat badan ibu belum bertambah banyak, namun nafsu makan semakin bertambah karena hilangnya morning sickness. Terkadang juga muncul pembengkakan pada pergelangan kaki dan tangan akibat adanya timbunan cairan. Kadang muncul keluhan wasir dan varises. Selain itu ibu juga kemungkinan besar mengalami konstipasi. Pada trisemester ini janin mulai memenuhi kantung rahim sehingga kantung rahim bertambah besar, yang membuat ibu mulai terlihat hamil. Pada pemeriksaan dengan menggunakan USG, telah tampak jenis kelamin pada janin yang sedang dikandung.

Pada trisemester ketiga yang dihitung sejak minggu ke-28 hingga si buah hati lahir dalam waktu cukup (40 minggu), ibu hamil akan semakin merasakan ketidaknyamanan. Pada masa ini, kadang – kadang muncul keluhan seperti darah tinggi, konstipasi, sering buang air kecil, rasa sakit pada punggung, keluarnya kolostrum dari payudara. Selain itu,makin besarnya janin di dalam kandungan akan membuat perut ibu semakin besar yang menimbulkan rasa berat. Namun lupakan saja semua ketidaknyamanan ini, karena ibu akan disibukkan dengan persiapan menyongsong kelahiran si buah hati.

 
1 Comment

Posted by on May 7, 2011 in knowledge

 

Tags: ,

One response to “Kondisi umum si ibu saat kehamilan

  1. mellysukses

    May 7, 2011 at 2:54 pm

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://lowonganterbaik2011.blogspot.com/

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: